07/12/2016

Prioritas Upgrade Untuk Town Hall 7

Posted on 07/12/2016

Ane kadang dapat pertanyaan dari Clasher yang baru saja selesai naik TH dan ingin tahu apa yang upgrade lebih dulu. Sebenarnya dulu ane ngga pernah mikir tentang prioritas upgrade, namun kemudian kepikiran juga supaya bila nanti buat akun baru, ane bisa upgrade berdasarkan skala prioritas.

Sebenarnya untuk upgrade bangunan itu disesuaikan dengan apa fokus kita dalam permainan, raid atau war. Karena prioritas upgradenya jadi berbeda.

Nah dengan tulisan ini, ane coba memberikan gambaran apa yang harus diupgrade duluan ketika baru naik level TH dan memberikan ulasan prioritas untuk semua bangunan baru yang dapat kita upgrade.

Laboratory, Spell Factory, Barracks

Jika kalian sudah punya modal Elixir yang cukup untuk upgrade Lab, kalian harus upgrade Lab sesegera mungkin. Karena ini adalah prioritas nomero uno alias nomer satu. Sebab ini akan membuka level upgrade prajurit dan spell, serta kalian tetap bisa melakukan reset di Lab selagi melakukan upgrade bangunan lain.

Kemudian prioritas kedua adalah upgrade Spell Factory dan Barrack. Ini akan membuka spell dan prajurit baru yang juga nantinya bisa diupgrade di Laboratory.

Army Camps

Army Camp juga merupakan prioritas utama. Kalian bisa dapat tambahan jumlah pasukan jadi pastikan kalian untuk melakukan upgrage sesegera mungkin.

Bangunan Baru

Secara umum, akan lebih baik jika kalian membeli bangunan-bangunan baru yang tersedia di Shop daripada mulai mengupgrade bangunan lama. Sudah jelas, bangunan baru lebih murah dan lebih cepat ngetoknya daripada mengupgrade bangunan lama ke level yang lebih tinggi, kecuali jika kalian bermain sebagai TH 6.5

Upgrade Laboratory

Sebenarnya ada alasan tertentu ane tidak memberikan prioritas upgrade di Laboratory, karena strategi serangan selalu berubah dari bulan ke bulan, jadi hal ini juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Dan tentunya, ini tergantung dari acuan kalian masing-masing yang ane ngga tahu itu.

Selalu usahakan agar Lab kalian terus melakukan upgrade dan jangan dibiarkan nganggur. Upgrade prajurit yang saat ini sering kalian bawa menyerang/menjarah dan juga lihat strategi serangan apa yang sedang populer untuk level TH selanjutnya, mungkin saja nanti kalian akan memerlukannya.

Organisir Upgrade-nya

Melakukan upgrade adalah suatu hal, tapi ada juga yang penting yaitu mempekerjakan tukang secara efektif. Tentu saja kalian ingin tukang kalian selalu bekerja dengan upgrade, tapi melakukan perencanaan akan membantu kalian dalam mendapatkan modal yang diperlukan untuk melakukan upgrade dan membagi pekerjaan tukang akan membantu mencegah terjadinya titik lemah pada base kalian. (misal: jika kalian mempekerjakan ke-3 tukang yang kalian punya untuk mengupgrade ketiga Air Defense dalam waktu yang sama, akan menimbulkan masalah dalam mendapatkan Emas dan kalian jadinya tidak menggunakan Elixir secara tepat serta hal ini akan membuat base kamu jadi sangat rentan dari serangan udara).

Prioritas Pertama! Seperti yang ane sebut di atas, mengupgrade Laboratory dan Spell Factory adalah bagian terpenting untuk dilakukan pertama kali.

Setelah itu, penting juga untuk mendapat tambahan jumlah pasukan dari Army Camp ke-4 dan bangun Barrack ke-4. Kemudian mulailah mengupgradenya sesegera mungkin supaya jumlah pasukan terus bertambah dan itu akan membuat Barrack ke-4 jadi berguna. Namun, setelah update terbaru, upgrage Barrack yang ke-4 ane rasa gak terlalu perlu, karena tetap saja, prajurit keluar dari 1 Barrack.

Sambil mengupgrade kedua bangunan tersebut, kalian bisa beli Walls (pagar) supaya bisa menata-ulang desain base. Tak akan butuh waktu lama dan kalian tidak perlu juga buru-buru mengupgradenya.

Fokuskan 2 tukang pada 2 upgrade yang ane sebut di atas tadi, dan tukang ke-3 bisa mengerjakan Dark Elixir Storage dab Dark Elixir Drill supaya bisa membangunkan Barbarian King secepatnya—tanpa Storage, kalian takkan bisa menyimpang Dark Elixir!

Pendapat ane sih, kalian juga bisa mulai mengupgrade DE Storage supaya bisa menyimpan DE lebih banyak dan menambah Hitpoint (Kekuatan Bangunan) jadi tidak cepat runtuh, serta nantinya akan diperlukan untuk upgrade prajurit Dark Barrack.

Upgrade Pertahanan. Selanjutnya, beli bangunan pertahanan yang baru. Jika kalian sudah punya 4 tukang, kamu bisa memulai ini berbarengan dengan yang sudah disebutkan di atas.

Diawali dengan membangun bangunan pertahanan baru—ini akan berguna mengisi ruang pada desain base TH 7 dan ini cepat selesai (dibandingkan jika mengupgrade pertahanan yang sudah ada). Beli 2 Cannon yang baru, Archer Tower, Air Defense, Mortar dan Hidden Tesla.

Yaa.. ya.. ane tahu, Hidden Tesla itu cukup mahal walaupun itu level 1, tapi mereka (Hidden Tesla) bisa memberikan bantuan pada pertahanan!

Setelah semua bangunan pertahanan sudah berdiri, kalian bisa memulai upgrade sampai ke level yang sama dengan yang sudah ada. Tip ane, mulai saja dengan Air Defense agar bisa bertahan sedikit lebih lama dari serangan pasukan Naga, khususnya di Clan War.

Bila semua sudah selesai. Sekarang waktunya kalian membangun Dark Barrack. Alasan kenapa ini menjadi prioritas belakangan, sebelum punya Barbarian King—kalian harus menahan diri untuk memakai prajurit Dark Elixir, karena ada banyak upgrade yang lain yang lebih penting untuk didahulukan.

Berikutnya, kalian bisa mulai mengupgrade Barrack satu per satu. Dengan model training terbaru, tidak masalah jika kalian upgrade 2 Barrack sekaligus, tapi sebaiknya tidak. Karena, tukangnya bisa dipekerjakan untuk upgrage bangunan lain.

Lanjut dengan mulai ngetok semua bangunan pertahanan. Mulai dari 1 Air Defense, 1 Wizard Tower, lalu Archer Tower dan Cannon, kemudian Air Sweeper dan Mortar.

Jangan lupa, upgrade juga Spring Trap ke level 2, jadi itu bila nerbangin 2 Valkyrie atau 4 Wizard.

Nah, sebelum upgrade Town Hall 8, ada tip yang bagus dari ane. Sebelum ninggalin Town Hall 7, upgrade dulu semua Walls (pagar) ke level 7 (Pagar cat Ungu) and juga Barbarian King ke level 5. Jika tidak, yang akan kamu hadapi adalah kesulitan sebagain rush TH dengan level Wall yang rendah dan atau Hero yang masih bayi.

Kilasan:

  1. Upgrade Laboratory & Spell Factory
  2. Beli Army Camp & Barrack yang ke-4 dan upgrade
  3. Beli Wall baru
  4. Beli Dark Elixir Storage & Dark Elixir Drill (dan upgrade ‘lah)
  5. Bangunkan Barbarian King sesegera mungkin
  6. Beli Cannons, Air Defense, Archer Tower, Mortar & Hidden Teslas dan upgrade semuanya ke level yang sama dengan yang sudah ada
  7. Beli Dark Barracks
  8. Upgrade Barracks (1 demi 1)
  9. Ketok Air Defense sampai Max (1 demi 1) dan Wizard Tower
  10. Ketok Archer Tower dan Cannon
  11. Ketok Air Sweeper dan Mortar
  12. Mulai mengupgrade Hidden Tesla
  13. Naikkan level Barbarian King ke Level 5 dan Walls ke Level 7

Kesimpulan

Ane harap prioritas upgrade ini dapat membantu kalian. Harap diingat, yang ane fokuskan dari semua urutan upgrade ini supaya kalian ada pandangan seperti apa sebaiknya dalam melakukan upgrade dan membangun base. Akhirnya, kalian perlu selalu memprioritaskan 1 hal dari keseluruhan daftar tadi—jangan membiarkan Laboratory dan Tukang nganggur.

Jika hal itu terjadi, upgrade aja bangunan yang modalnya sudah cukup daripada menunggu. Proses upgrade di Clash of Clans memakan waktu lama dan membiarkan Tukang nganggur ngga akan membantunya menyelesaikannya lebih cepat.

Newest
You are reading the newest post
Oldest
You are reading the latest post

No comments:

Post a Comment